Perjalanan

Ini adalah kisah tentang tiga orang pemuda yang hendak melakukan perjalanan. Perjalanan ini bukanlah sembarang perjalanan, Seseorang yang sangat istimewa menanti mereka diujung perjalanan. Ketiga pemuda ini tentu saja memiliki keahlian teknis masing-masing, dan untuk sampai pada tujuan yang diharapkan kepada mereka telah disiapkan bekal makanan. Lagi-lagi bekal makanannya pun bukan makanan sembarangan, tetapi makanan rohani.

Pemuda pertama, mengambil bekal makanan rohani tersebut. Ia begitu menikmatinya, sangat menikmatinya, sampai-sampai ia kekenyangan rohani dan tidak kuat melakukan perjalanan. Tentu saja, ia tidak pernah sampai pada Seseorang yang menantinya diujung perjalanan.

Pemuda ke-dua, ia begitu bersemangat dan antusias melakukan perjalanan sampai-sampai ia lupa mengambil bekal makanan rohani yang telah disiapkan. Ia pikir ia kuat, tetapi ternyata ditengah perjalanan ia kelelahan dan tidak pernah sampai pada tujuannya dan tidak dapat menemui Seseorang yang menantinya tersebut.

Pemuda ke-tiga, mengambil bekal makanan rohani, ia mengunyah bekal tersebut dengan baik dan kekuatan yang ia peroleh ia gunakan untuk melakukan perjalanan. Perjalanan itu memang tidak mudah, kadang ia menangis, kadang ia kelelahan, kadang ia juga begitu bersemangat dan dalam apapun kondisi yang ia alami, makanan rohani yang ia bawa menjadi penguat dalam perjalanannya. Iapun akhirnya sampai dan Seseorang yang istimewa itu bagitu bahagia menyambutnya sebagai pemenang.

Perjalanan ketiga pemuda ini tak ubahnya perjalanan pelayanan anak-anak muda di gereja.

Terkadang kita adalah pemuda pertama, kita begitu menyukai segala hal yang berbau rohani, kita dikenal sebagai orang-orang yang alim, tetapi pada saat yang bersamaan kita memisahkan diri dari realita. Kita sibuk memperhatikan diri sendiri dan kekristenan kita, namun tidak pernah bergerak menjangkau orang lain dan mengaplikasikan apa yang kita terima kepada orang lain. Kita kekenyangan rohani sampai tidak pernah memulai suatu perjalanan menuju Dia, dan walaupun kita berpikir bahwa kita begitu mengenal Tuhan namun sesungguhnya kita tidak pernah sampai kepada-Nya.

Terkadang kita seperti pemuda ke-dua, kita begitu bersemangat dalam setiap aktivitas pelayanan, bahkan gereja seperti kantor ke-dua kita. Namun kita begitu sibuknya sampai kita lupa bahwa kita membutuhkan asupan makanan rohani. Kita kelelahan di tengah perjalanan, merasa sendirian dan terlupakan. Kita bahkan lupa tujuan kita yang sebenarnya dan tidak tahu harus kemana. Kita merasa sangat lelah tetapi tidak pernah sampai. Dan diujung sana, Tuhan bersedih, karena Ia tidak pernah merancangmu untuk mati kelelahan tanpa diri-Nya dinyatakan dalammu.

Terkadang namun jarang, kita bisa menjadi seperti pemuda ketiga. Kita menerima asupan makanan rohani, mengunyahnya dengan baik dan menjadikannya kekuatan untuk melangkah dalam pelayanan yang Tuhan sudah percayakan kepada kita. Kecintaan kita pada Firman-Nya sekuat dorongan untuk menyatakan sukacita itu pada sebanyak mungkin jiwa yang dahaga akan kasih-Nya. Perjalanan pelayanan itu tentulah bukan perjalanan yang mudah. Disana kita menangis, kita berjerih lelah, kita juga menikmati masa-masa tawa dan dalam apapun kondisi kita, asupan makanan rohani menguatkan langkah kita sedikit demi sedikit menuju garis akhir. Kita diyakinkan bahwa Seseorang yang meminta kita melakukan perjalanan ini yakin bahwa kita sanggup menyelesaikan sebagaimana Ia telah menyelesaikan perjalanan-Nya. Dan diujung sana, Ia telah menanti kita dengan tangan terentang yang masih berjejas tikaman paku,hendak memeluk dan menyambut kita dengan sukacita yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Seseorang itu adalah Tuhan sendiri.

Siapakah diantara ketiga pemuda ini adalah kita dalam perjalanan pelayanan yang Tuhan sudah percayakan kepada masing-masing kita?

Bayangkanlah akhir perjalanan ketika kita berlari menghampiri pelukan kasih sayang Tuhan, dan yakinlah bahwa setiap tetes air mata dan keringat Anda tidak pernah sia-sia di dalam Kristus.

 

November 2009

Ge’

One thought on “Perjalanan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s