MENGAWALI DENGAN TUHAN

Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih?
Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu.
Dengan segenap hatiku aku mencari Engkau,
janganlah biarkan aku menyimpang dari perintah-perintah-Mu.
Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu,
supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau.
(Mazmur 119:9-11)

Tahun Baru dalam hitungan waktu tidak lebih dari sebuah kronos. Satu tahun setelah tahun baru sebelumnya, sekian hari, sekian jam, sekian menit, sekian detik, dst hingga ada perubahan pada tulisan angka di kalender kita. Tahun Baru mungkin pula tidak lebih dari sebuah koma, sebuah jeda untuk mengingatkan kita akan hari-hari hidup yang telah berlalu. Tetapi ada satu hal yang kusukai tentang Tahun Baru ataupun hari-hari spesial lainnya dalam kehidupan umat manusia, yaitu bahwa ada momen yang dipakai untuk sekadar mengharapkan yang terbaik dari diri sendiri dan pun mendoakan yang terbaik dalam diri orang lain.

Tentu saja, selain membunyikan terompet tahun baru, sebagian besar orang sibuk membuat resolusi. Sebuah pernyataan ‘keinginan menjadi’ di tahun yang baru. Menjadi apa? Tergantung pribadi yang membuat resolusi. Yang jelas, pasti menjadi seseorang yang lebih baik dan melakukan hal yang lebih baik menurut apa yang dipikirnya baik. Namun konon, semangat dan upaya merealisasikan ‘keinginan menjadi’ tersebut hanya bertahan beberapa minggu setelah itu lenyap tak berbekas. Hanya sedikit orang yang berhasil mempertahankan pijar semangat menjadi lebih baik di tahun yang baru bahkan hingga tahun tersebut berganti.

Bagaimana dengan resolusi pemuda Kristen? Bukankah pemuda Kristen juga ingin menjadi seseorang yang lebih baik lagi tahun ini? Menjadi seseorang yang semakin menyerupai Junjungan-nya? Seperti Kristus! Ya, Kristus! Apapun yang ingin dilakukan seorang pemuda Kristen sudah seharusnya semakin menampakkan citra Kristus di dalam dirinya, bukan? Dalam hal ini membuat pernyataan saja belum merupakan suatu sikap iman, tetapi mempertahankannya dalam menjalani kehidupanlah yang merupakan sikap iman. Tidak gampang, tetapi yang pasti tidak mustahil. Jangan memberikan terlalu banyak excuse pada diri sendiri hanya karena kita masih muda dan memiliki banyak kekurangan. Alkitab dengan gamblang memberikan petunjuknya dalam Mazmur 119:9, Dengan apakah seorang muda dapat mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan Firman-Nya.

Pesannya jelas, back to Bible! Apapun keinginan kita untuk menjadi seseorang yang lebih baik di tahun ini, biarlah kita letakkan dan jaga dalam terang Firman Tuhan. Bukan sekadar rajin membaca Alkitab saja, tetapi mencari dan menemukan Allah lewat kesediaan untuk dibentuk berdasarkan Firman Tuhan karena segala tulisan yang diilhamkan Allah sebagaimana ditulis dalam 2 Tim 3:16-17, ‘… memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik’. Firman Tuhan menjadi semacam indikator yang mengarahkan langkah kehidupan kita bersesuaian dengan kehendak Allah atas diri kita.

Kita menginginkan sesuatu yang baik bagi diri kita. Allah menginginkan yang jauh lebih baik sebagaimana Ia menciptakan kita sungguh sangat baik. Betapa dunia ini merindukan dan membutuhkan generasi muda Kristen yang mencintai Firman Tuhan dan menghadirkan kerajaan Allah. Setiap waktu yang diperkenankan Tuhan untuk kita jalani (kronos) biarlah menjadi momentum (kairos) untuk menyatakan kasih Tuhan. Mari menjadi lebih baik di tahun ini, mari kembali pada kecintaan akan kebenaran Firman Tuhan, sehingga baik dalam kehidupan kita sehari-hari di keluarga, di sekolah/kantor, di gereja, di masyarakat dan dimana saja Tuhan dimuliakan melalui kehadiran kita.

Mari mengawali dan mengawal tahun 2010 dengan Firman Tuhan… jadilah berkat!

Blessings,

Sicillia

https://creativege.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s