Catatan Awal Tahun

Sebenarnya saya membuat beberapa tulisan pendek menjelang berakhirnya tahun 2010 dan mengawali tahun 2011. Sayangnya semua tulisan itu harus diurungkan, karena semuanya tak lebih dari daftar keluhan panjang. Tahun 2010 memang terlalu berat buat saya, tahun 2011 juga tidak menunjukkan tanda-tanda bahwa semuanya akan lebih baik. Tetapi, syukurlah! Saya masih punya Tuhan Yesus.

 

Tahun ini, saya tidak membuat resolusi, tidak pula berkobar-kobar untuk sesuatu yang baru ataupun target-target yang sengaja saya buat untuk ditaklukkan. Tidak. Saya sudah belajar menunggu sepanjang tahun yang lalu, sekarang saya akan belajar bersabar. Kata Phil A. Smouse, “tetapi saat kita dapat menunggu tanpa menjadi cemas atau kesal… saat kita dapat tidak bisa melakukan apa-apa sementara teman-teman kita bergerak… saat kita dapat tinggal di satu situasi tanpa mengeluh, tidak peduli betapa sulitnya itu… itulah kesabaran!”. Menanti-Nya tanpa meragukan cinta-Nya. Ujungnya pasti manis, tetapi tidak saat semuanya itu sedang dijalani.

Menunggu dan bersabar mungkin terasa sukar bagi seseorang seperti saya… tetapi saya akan menikmatinya seperti menikmati hijau dedaunan, menikmati senyuman seorang pedagang kecil yang bertemu pembeli pertamanya di cuaca yang tak bersahabat, menikmati tawa anak-anak sepulang sekolah, juga menikmati musik hujan. Mungkin ada banyak cerita di sana tentang cinta yang tak bersyarat itu. Sebagian besar mungkin akan sukar untuk saya pahami, tetapi Sahabat saya akan menerangkan semuanya itu dan saya akan lebih banyak mendengar-Nya. Kami pasti akan banyak bercerita sepanjang tahun ini dan semoga salah satu cerita itu ketika dikisahkan kembali bisa menghapus airmata seseorang, mengukir senyum pengharapan di wajah seseorang yang lain atau sekadar menggerakkan sebuah hati meneruskan kasih pada hati yang lain.

Januari 2011

dan ceritapun dimulai

Leave a Reply

