PEREMPUAN TERPINGGIRKAN

Baca: Yosua 2

Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Ruth, Obed memperanakkan Isai. (Matius 1:5)

 

Mendengarkan cerita tenaga kerja perempuan yang kembali ke tanah air dengan linangan air mata membuat saya sedih. “Saya ditolak ketika mengadu ke kedutaan. Katanya saya harus melapor ke agen saya, tetapi saya jadi seperti barang yang dijual dari satu majikan ke majikan lain,” katanya pilu. Sekarang ia cacat setelah berusaha melarikan diri dari majikan yang hendak berbuat tidak senonoh kepadanya.

Sejak dulu perempuan kerap diperhadapkan pada pilihan sulit untuk mempertahankan hidup dan keluarganya. Rahab berprofesi sebagai perempuan sundal, sebuah pekerjaan hina dina. Namun saat Yosua mengirimkan dua pengintai ke Yerikho, ia menyelamatkan keduanya dengan menyembunyikan mereka di sotoh rumahnya. Rahab tahu ia bisa mengimani dan mempertaruhkan hidup dan keluarganya kepada Allah (ay. 8-13). Saat tembok Yerikho runtuh dan kota itu jatuh, bukan saja Rahab yang diselamatkan, tetapi juga kaum keluarganya. Rahab lalu tinggal di antara umat Israel (6:25). Dan, pilihan Rahab hari itu mengantarkan namanya berada dalam silsilah Yesus Kristus (Matius 1:5).

Tidak semua perempuan sanggup membuat pilihan seperti Rahab. Bisa jadi karena tradisi yang mengungkung, tekanan ekonomi, kebijakan yang tak berpihak, atau sikap sinis orang yang memandang mereka dengan kurang hormat. Tetapi Allah memandang mereka melampaui keadaan mereka saat ini, pada iman yang memungkinkan mereka memperoleh anugerah bagi diri dan kaum keluarganya. Maukah kita memandang mereka dengan cara Allah?—SL

 

MASA LALU ANDA TIDAK BISA DIUBAH, TETAPI DENGAN IMAN,

ALLAH BISA MENGUBAH MASA DEPAN ANDA

 

Tulisan saya sebagaimana termuat di Renungan Lentera Jiwa, 21 April 2012

http://www.lentera-jiwa.org/renungan/april-2012?showall=&start=20

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s