SAYANGI NEGERI INI

Bagaimana tidak Aku akan sayang kepada Niniwe, kota yang besar itu, yang berpenduduk lebih dari seratus dua puluh ribu orang…? (Yunus 4:11)

Baca: Yunus 4 

Kadang-kadang kita merasa miris melihat berbagai berita media massa tentang penyelenggaraan negara ini. Banyak orang pesimistis akan prospek perbaikan keadaan. Di tengah kekalutan ini, sebenarnya masih banyak orang yang berupaya melakukan berbagai hal yang baik, tetapi mereka sering menuai komentar sinis, “Untuk apa memikirkan negara ini mau jadi apa? Pemerintah saja tidak bisa berbuat apa-apa, apalagi kita?” Pelik memang persoalannya, tetapi apakah kita harus bersikap seperti Yunus?

Yunus tidak bisa melarikan diri dari panggilannya memberitakan kabar baik ke Niniwe. Para penduduk Niniwe bertobat. Tetapi Yunus kecewa karena tadinya ia berharap murka Allah menimpa kota itu. Kekesalan hatinya dihibur Allah melalui sebatang pohon jarak yang tumbuh menaunginya. Tetapi keesokan harinya, lagi-lagi Yunus ngambek. Ia ingin mati saja karena pohon jarak itu layu digerek ulat sehingga tidak bisa melindunginya dari angin timur yang panas terik dan membuat kepalanya sakit. Allah balik bertanya, “Layakkah engkau marah?”

Allah mengingatkan Yunus bahwa ia bisa memiliki rasa sayang pada pohon jarak yang tumbuh tanpa jerih lelahnya dan marah ketika pohon itu layu. Terlebih lagi Allah—bagaimana mungkin Allah tidak menyayangi Niniwe dan penduduknya? Bagaimana mungkin Allah tidak menyayangi Indonesia dan ratusan juta penduduknya? Allah sayang pada negeri kita. Jangan terus marah pada hal-hal yang berada di luar kemampuan kita, kerjakanlah bagian yang Allah percayakan!—SL

 

ALLAH SAYANG PADA INDONESIA;

ALLAH MEMBERIKAN ANDA DAN SAYA UNTUK INDONESIA

 

Tulisan saya sebagaimana dimuat dalam Lentera Jiwa tanggal 30 April 2012 http://www.lentera-jiwa.org/renungan/april-2012?showall=&start=29

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s