WAKTU IBLIS JALAN-JALAN

“… Apakah kita mau menerima yang baik dari Allah, tetapi tidak mau menerima yang buruk?” Dalam kesemuanya itu Ayub tidak berbuat dosa dengan bibirnya. (Ayub 2:10b)

Bacaan: Ayub 2

Ada orang, yang dulu dikenal begitu lantang memperjuangkan nasib rakyat, menjadi adem ayem ketika sudah memperoleh kedudukan. Berbagai fasilitas yang disediakan serasa belum cukup, korupsi dan suap merajalela, peraturan dibuat untuk melindungi usaha. Memang mereka menuai kritik. Formasi berganti, tetapi orang-orang baru yang dulu banyak protes juga melakukan hal yang sama. Yang biasanya membedakan antara pemberi dan penuai kritik hanyalah kesempatannya.

Waktu Iblis berjalan-jalan mengelilingi bumi, ia memperhatikan dengan baik target sasarannya. Melihat Ayub yang sedemikian saleh dan jujur, Iblis menganggap itu hanyalah faktor kesempatan. Menurut Iblis, Ayub bisa bertahan karena ia memiliki segala sesuatu; coba saja kalau ia kehilangan segala sesuatu (pasal 1). Ternyata Ayub tetap saleh. Lalu Iblis menimpakan barah yang busuk di sekujur tubuh Ayub. Apakah Ayub meninggalkan Allah? Memang tidak mudah, tetapi bagi Ayub segala kesempatan yang diberikan Allah, entah itu baik entah buruk menurut pandangan manusia, harus diterima tanpa mengurangi ketaatan kepada-Nya.

Kesempatan apa yang saat ini dihadapkan kepada kita? Kesempatan untuk mendapatkan segala sesuatu atau kehilangan segala sesuatu, kesempatan berada dalam kondisi paling prima atau lemah tak berdaya, apa pun kesempatan yang memungkinkan kita tidak lagi taat kepada Tuhan adalah kesempatan yang diincar Iblis. Iblis sedang berjalan-jalan, Anda mungkin sasarannya, tetapi belajarlah bagaimana Tuhan memulihkan kehidupan Ayub—SL

 

YANG BAIK MAUPUN BURUK MENURUT MANUSIA

TETAP BISA MENJADI KESEMPATAN UNTUK TAAT PADA TUHAN

 

Tulisan saya sebagaimana dimuat di Renungan Lentera Jiwa tanggal 15 Mei 2012 http://www.lentera-jiwa.org/renungan/mei-2012?showall=&start=14

One thought on “WAKTU IBLIS JALAN-JALAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s