Sahabat Seperjalanan

Ketika mereka sedang bercakap-cakap dan bertukar pikiran, datanglah Yesus sendiri mendekati mereka, lalu berjalan bersama-sama dengan mereka. (Lukas 24:15)

Baca: Lukas 24:15-35

 

Hidup ini tidak mudah untuk dimengerti. Mungkin benar. Ada saat kita merasa Tuhan begitu dekat dan kita bisa menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan kita. Namun ada saat kita merasa ditinggalkan, pada saat yang sama seolah dibiarkan tanpa harapan.

Dua orang murid dalam perjalanan ke Emaus merasakan hal ini. Jarak tujuh mil ditempuh dengan mempercakapkan satu topik, yaitu ketidakpahaman mereka akan peristiwa salib (ay. 13-14). Harapan mereka hancur (ay. 21), dan kesaksian para sahabat tidak memalingkan pandangan mereka dari dukacita (ay. 22-25). Lalu, di manakah Yesus? Yesus tidak meninggalkan mereka, tetapi justru menghampiri dan menjadi sahabat seperjalanan dalam berbagai pertanyaan tentang hidup (ay. 15, 17-20). Dia mengingatkan bahwa hidup adalah sebuah perjamuan, dengan Tuhan berinisiatif untuk berbagi dan mengarahkan pandangan kita hanya kepada-Nya (ay. 28-32).

Saat ini, harapan kita mungkin ciut ketika divonis mengidap penyakit yang sulit disembuhkan, mengalami kegagalan dalam pekerjaan, kehilangan orang terkasih, atau menghadapi berbagai tekanan dalam beribadah. Kita bukan saja lamban, tetapi tidak mau mengerti mengapa hal-hal ini terjadi di dalam hidup kita. Mengapa kita tidak mempercakapkan isi hati kita dengan Dia? Yesus, sahabat seperjalanan kita, mau berbagi pengharapan agar hati kita berkobar dengan sukacita yang tidak bisa direnggut oleh kemalangan sebesar apa pun—SL

 KITA TIDAK AKAN TERSESAT DALAM KEKALUTAN HIDUP

JIKA YESUS MENJADI SAHABAT SEPERJALANAN KITA

____

Tulisan saya sebagaimana dimuat di Renungan Lentera Jiwa, 11 November 2012 lalu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s